Home » » Apa Sih Arti IPK Menurutmu?

Apa Sih Arti IPK Menurutmu?


Assalamu'alaikum,

Aloha dan salam siang hohoho

hmm, judul postingan saya bertuliskan "IPK" nih, hahaa pasti ngerasa dirinya mahasiswa langsung hot mata dan kupingnya bila melihat atau mendengar kata IPeKa alias IPK.
oke, sekarang arti IPK itu apa sih?
IPK adalah mekanisme penilaian keseluruhan prestasi terhadap mahasiswa dalam sistim perkuliahan selama masa kuliah. IPK singkatan dari Index Prestasi Kumulatif. Merupakan nilai kumulatif dari IP (Index Prestasi). IP nilai prestasi mahasiswa per semester, sedangkan IPK merupakan nilai IP yang dikumulatifkan. Penilaian IPK memiliki skala dari 0 hingga 4. Dimana angka 0 merupakan penilaian terendah dan angka 4 merupakan penilaian prestasi tertinggi dengan mutu 0=E 1=D 2=C 3=B 4=A.
Mungkin Anda pernah timbul pertanyaan dalam benak, Bagaimana cara menghitung IPK? Mungkin sebagian kalangan mahasiswa sudah mengetahui, namun masih banyak juga yang belum mengetahui cara menghitung IPK. Penilaian IPK tergantung pada jumlah keseluruhan SKS yang ditempuh mahasiswa selama masa perkuliahan. Selain itu, bobot nilai juga ikut mempengaruhi.

Berikut cara menghitung nilai IP (Prestasi mahasiswa dalam satu semester) :
  • Kalikan SKS mata kuliah dengan bobot nilainya;
  • Setelah itu jumlahkan semuanya lalu bagi dengan total sks yang ditempuh dalam 1 semester.
Berikut cara menghitung nilai IPK (Nilai prestasi dalam keseluruhan semester) :
  • jumlahkan semua nilai IP dari semester satu hingga semester akhir;
  • selanjutnya, jumlah nilai IP tersebut dibagi dengan jumlah IP.
Contoh menghitung IPK:
Nilai IP semester 1 = 3.30
Nilai IP semester 2 = 3.12
Nilai IP semester 3 = 3.16
Nilai IP semester 4 = 2.08
Nilai IP semester 5 = 3.20
Nilai IP semester 6 = 2.96
Nilai IP semester 7 = 2.88
Nilai IP semester 8 = 3.50IPK = 3,4 + 3,6 + 3,2 + 2,6 + 3,2 + 3 + 2,8 + 3,6
= 25,4 : 8 = 3,175
maka nilai IPK nya adalah 3,175.

sudah jelaskan definisi dari IPK itu sendiri, dan ada pula pengamukulasian IPK yang lebih dari 3.5 disebut cum laude.

nah, sekarang yang jadi pertanyaannya adalah "apa sih arti IPK yang dimaksud?"
pasti pada menjawab "IPK gede itu pintar, maka akan cepat lulus, dibanggakan orang tua, bla bla bla"
pasti mayoritas seperti itu...
namun, apakah tingkat kesuksesan mahasiswa tersebut selalu dilihat dari IPK?
IPK merupakan suatu nilai "mutlak" yang dimiliki seorang mahasiswa yang bersifat hasil, namun yang namanya nilai pasti dapat dimanipulasikan? misal, ada yang IPKnya besar karena sering mencontek gebetan yg dibuat tertulis dan tersembunyi (bnyk loh yg melakukan ini... tapi sebagai salah satunya contoh, kalo dikampus ane Gunadarma jangan harap bisa ngelakuin ini karena bakal ketahuan dan nilai langsung E, di UI pun jg demikian) , meski banyak pula yang sangat rajin dalam menggapain IPK yang maksimal.

nah, bagaimana jika mahasiswa tersebut IPKnya pas2an bahkan kurang? apakah mahasiswa tersebut bisa dikatakan tidak sukses? atau tidak pintar?
saya beri gambaran contoh...
saya, mahasiswa yang memiliki IPK aman (maaf ya, bukan maksud mau sombong tapi hanya memberi contoh, maaf bagi yg kurang suka),,, namun saya merasa saya masih belum ada apa-apanya, kenapa?
ada teman kampus saya inisialnya "C", IPKnya kurang dari saya, dia jago dalam bidang photosop, web programming, dan lebih berpengalaman... ada pula teman kampus saya pula inisialnya "S", IPKnya kurang dari saya, dia jago dalam pemrograman VB, dan sudah memiliki pengalaman dalam membuat berbagai macam program utk proyeknya... dan masih banyak temen2 saya yang lain.
saya, jika disetarakan dengan mereka2, saya tidak ada apa2nya.

jadi, sudah jelaskan? bahwa, IPK bukan lah tolak ukur segala2nya bagi mahasiswa namun saya tidak menyalahkan utk mendapatkan IPK lebih, krn itu jg penting agar dapat menambah rasa percaya diri bagi mahasiswa tersebut.

nah, kalo IPKnya tetep gitu2 aja bahkan terus berkurang?
bagi kamu2 semua mahasiswa muslim perhatikan ini:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” (QS Ar-Ra’du 13:11)

maka terus berusahalah, dan tetap positif thinking dalam mempelajari hal yang baik. lalu yang paling terpenting adalah ikhlas.
karena Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak akan menguji seseorang diluar batas kemampuannya, maka dari itu IPK yang kurang masih bisa kita kejar kan? karena kita mampu jika mau berusaha dan niat dalam mengejarnya. namun jika hasilnya masih kurang juga, jangan salahkan orang lain, salahkan diri sendiri dan harus mau mengintrospeksi diri agar menjadi lebih baik.

namun, jika sudah lulus dari universitas, dan hasil akumulasi IPK akhir tetap kurang memuaskan, bahkan 2 koma atau 1 koma, lalu saat melamar pekerjaan selalu mengalami yang namanya penolakan yang amat pahit?

jangan bersedih, karena mencari mata pencaharian tidak harus dengan melamar kerja...
maka hendaklah kalian menjadi seorang pedagang/pengusaha/enterpreneur.

”Hendaklah kamu berdagang, karena di dalamnya terdapat 90 persen pintu rezeki" (H.R.Ahmad). 
”Sesungguhnya sebaik-baik mata pencaharian adalah seorang pedagang (entrepreneur)”. (H.R.Baihaqy)

namun, disaat Allah melimpahkan pintu rezeki yang banyak dan halal sebagai seorang pedagang dan kita sudah mampu untuk membuka lapangan perkerjaan... jangan lupa ini semua juga termasuk ujian/cobaan untuk kita, agar kita dapat menahan diri dari sifat yg berlebih-lebihan dan daat menahan diri dari sifat sombong... karena Allah sangat tidak menyukai hal yang demikian karena semua rezeki dan semua yang kita miliki hanyalah titipan.

*namun, untuk saya pribadi, kenapa saya lebih memilih untuk meneruskan studi daripada membuka usaha? karena orang tua saya meminta agar saya terus melanjutkan studi, jadi saya tidak boleh donk membantah kata2 orang tua saya, ya kan?*

yak, semoga bermanfaat tulisan saya ini :)

ini arti IPK menurutku, lalu apa arti IPK menurutmu?