Home » » Tenaga Endogen

Tenaga Endogen

Tenaga endogen adalah tenaga pengubah muka Bumi yang berasal dari dalam Bumi. Tenaga endogen merupakan kekuatan yang mendorong terjadinya pergerakan kerak Bumi. Pergerakan ini disebut diastropisme.
lempeng_benua-samuderaAdanya tenaga endogen dapat menyebabkan terjadinya pergeseran kerak bumi. Pergeseran kerak bumi akan menjadikan permukaan bumi berbentuk cembung, seperti pegunungan atau gunung-gunung berapi, serta
berbentuk cekung, seperti laut dan danau.
arus-konveksiKerak bumi bersifat padat, dingin, dan terapung di atas lapisan selubung Bumi (Asthenosfer). Kerak bumi yang membentuk dasar samudera disebut lempeng samudera. Kerak bumi yang membentuk dasar benua disebut lempeng benua.
Karena terjadi pemanasan terus-menerus di Lapisan Asthenosfer menyebabkan terjadinya gerakan cairan dengan arah vertikal (konveksi). Akibatnya, arus konveksi ini menekan kerak Bumi yang terapung di atasnya. Tekanan yang terjadi terus-menerus menyebabkan pergesaran lapisan lempeng bumi dari posisi semula, akibatnya terjadi tumbukan antar lapisan lempeng.
subduksi_magmaKarena tumbukan antar lapisan lempeng , salah satu lempeng akan menujam ke bawah. Padahal, makin ke dalam suhu makin panas. Akibatnya, bagian kulit bumi yang padat dan dingin yang menujam ke bawah akan meleleh dan berubah menjadi magma serta mengeluarkan energi. Karena tumbukan terjadi terus-menerus, akan terkumpul tumpukan magma dan tumpukan energi.
lipatan_jenisKarena tekanan ke atas dari magma akibat energi yang terkumpul akan mampu menekan lapisan kulit bumi sehingga terjadi perubahan letak atau pergeseran kulit bumi. Akibatnya, kulit bumi bisa melengkung (disebut lipatan) atau patah (disebut patahan). Gejala ini disebut tektonisme.
subduksi_lempengApabila magma bisa menerobos lempeng benua di atasnya melalui celah atau retakan atau patahan akan terbentuk gunung api. Gejala ini disebut vulkanisme. (Perhatikan gambar Gunungapi yang terbentuk pada pertemuan lempeng).
rtemagicc_bellier_sumatralocalisationJika tumpukan energi di daerah penujaman demikian besar, energi tersebut akan mampu menggoyang atau menggetarkan lempeng benua dan lempeng samudera di sekitarnya. Goyangan atau getaran ini disebut gempa bumi. Gejala ini disebut seisme. (Perhatikan Peta sebaran gempa Aceh 26 Desember 2004 akibat tumbukan lempeng Indo-Australia dengan lempeng Benua Asia).
Sumber:
  1. Pengetahuan sosial 1: SMP/MTs kelas VII/ Didang Setiawan – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  2. Wawasan Sosial 1: ilmu pengetahuan sosial untuk Sekolah Menengah Pertama/MadrasahTsanawiyah/Iwan Setiawan … [et.al] editor Wawan Darmawan — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  3. Mari Belajar IPS 1: untuk SMP/MTs kelas VII/ Muh. Nurdin, S.W. Warsito, dan Muh. Nursa’ban; editor Nugrohowati. –Cet 1.–Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  4. Ilmu pengetahuan sosial: kelas VII/untuk SMP/MTs/Waluyo … [et.al] — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
  5. http://klastik.wordpress.com