Home » » Cara Membersihkan Ubuntu Grub2 di Boot Menu

Cara Membersihkan Ubuntu Grub2 di Boot Menu

Setelah muter-muter di browsing, akhirnya ketemu juga yang saya cari, sesuai dengan judulnya posting ini, itulah yang saya temukan. Dan kebetulan saya mau membersihkan Ubuntu grub2 boot menu, akhirnya kesampean juga..hehee.. Ubuntu ternyata mengadopsi versi baru dari boot mnager GRUB sejak versi 9.10. Bagi anda yang ingin membersihkan menu list yang sudah di update, anda perlu menyimak baik-baik nie tutorial,,hehe bagi anda yang pingin demikian dan belum tau caranya.


Dan di opsi ini bagaimana saya akan mengubah pilihan boot menu pada grub2. Grub2 merupakan salah satu cara Ubuntu meraih masa depannya untuk menjadi lebih baik. Akan tetapi masalah besar akan muncul juga dari situ, namun jika anda ceroboh dengan asal hapus versi lama dari kernel, list boot dapat berakhir dengan ancaman error pada karnel anda.

Hapus Entri Karnel Lama
Yang paling umum untuk membersihkan task pada boot menu adalah menghapus karnel lama yang tersimpan di PC anda. Dalam hal ini saya mengambil contoh ingin menghapus boot entri 2.6.32-21-generic. ini berarti anda perlu mengutak atik area / boot / grub / menu.lst. Tapi dengan grub2, jika kita menghapus paket kernel dari komputer kita, Grub secara otomatis menghapus pilihan tersebut. Untuk menghapus karnel lama, buka Synaptic Package Manager, atau anda bisa menemukan dalam system => Administration menu. Ketika terbuka, ketik kernel yang ingin anda hapus dalam bidang Quick Search text.

Untuk setiap entri yang berhubungan dengan kernel lama (misalnya linux-headers-2.6.32-21 dan linux-image-2.6.32-21-generic), klik kanan dan pilih Mark for Complete Removal. Kemudian klik tombol Apply di toolbar dan kemudian Apply pada Windows yang muncul. Tutup Synaptic Package Manager. Setelah itu reboot komputer anda, Menu grub tidak akan berisi entri yang terkait dengan versi kernel yang terhapus.

Hapus Setiap Opsi Yang Memungkinkan Error Dengan Mengedit / etc / grub.d
Jika anda membutuhkan kontrol yang lebih halus, atau ingin menghapus entri yang bukan kernel, anda harus mengubah file yang terletak di / etc / grub.d. / etc / grub.d berisi file yang menyimpan entri menu yang di gunakan di /boot / grub / menu.lst. Jika anda ingin menambahkan boot entri menu baru, anda akan menciptakan file baru di folder ini, pastikan untuk menandainya sebagai eksekusi.

Jika anda ingin menghapus boot entri menu, seperti yang saya lakukan di atas, anda perlu mengedit file dalam folder ini. Jika anda ingin menghapus semua entri memtest86 +, kita hanya bisa membuat 20_memtest86 + jadi file non eksekusi dengan perintah terminal.
sudo chmod-x 20_memtest86+
Di lanjutkan dengan perintah terminal.


Sudo Update-Grub
Perhatikan memtest86 + tidak di temukan oleh update grub karena hanya akan mempertimbangkan file executable. Namun sebaliknya, kita akan menghapus entri dalam serial console 115200 memtest86 + . Buka Application => Accessories => Terminal. Pada terminal ketik perintah: sudo gedit / etc /grub.d/20_memtest86 +.
Hapus entri menu untuk konsol serial 115200. Copy ke file yang berbeda jika anda kwatir mungkin membutuhkannya suatu saat. Simpan dan tutup file yang sudah di edit tadi pada terminal masukkan perintah sudo update-grub.

Sekarang saatnya anda boot up, ketika masuk entri kernel lama akan hilang, dan anda mendapati sebuah boot menu sederhana yang bersih. Jadi saat mengganti boot menu grub2, itu mungkin tampak terlalu rumit untuk menggeser master Grub, Bagi pengguna normal, grub2 berarti bahwa anda tidak harus mengubah boot menu. Untungnya jika anda memang harus melakukannya, proses tersebut masih cukup mudah.

Selamat mencoab semoga bermanfaat..