Home » » SEJARAH PERMAINAN SEPAK BOLA

SEJARAH PERMAINAN SEPAK BOLA

Sejarah Permainan Sepakbola Dunia

March 23 2012
Sepakbola, Siapa yang tidak tau dengan salah satu olahraga atau permainan yang satu ini? Olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang saling berlawanan dan beranggotakan 11 orang pemain ini sangat terkenal di seluruh dunia karena sangat seru!.!
olahraga sepakbola mulai dimainkan pada zaman dynasty di china.
sepakbola modern mulai digemari oleh warga inggris,karena pada zaman dahulu belum ada peraturan sepakbola, jadi banyak sekali kekerasan. Hingga pada waktu itu sepakbola sempat dilarang oleh raja inggris
perubahan besar terjadi di freemason tavern pada tahun 1863, saat 11 sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan aturan baku untuk permainan ini. Setelah itu, terjadilah pemisahan yang sah antara Sepakbola dan Rugbi.
Pada tahun 1869 sepakbola mulai menerapakan peraturan 'Untuk tidak membawa bola, dengan menggunakan tangan'

Pelanggaran
Robin-van-Persie-nyusruk-di-depan-kiper-
pelanggaran bisa terjadi apabila pemain sepakbola melakukan pelanggaran, dan wasit berhak memberikan mereka kartu kuning ataupun merah, tergantung seberapa keras pelanggaran dilakukan.
Kartu kuning merupakan peringatan atas pelanggaran seperti bersikap tidak sportif, secara terus-menerus melanggar peraturan, berselisih kata-kata atau tindakan, menunda memulai kembali pertandingan, keluar- masuk pertandingan tanpa persetujuan wasit, ataupun tidak menjaga jarak dari pemain lawan yang sedang melakukan tendangan bebas atau lemparan ke dalam dan lain lain

11175large.jpg
Pemain yang menerima dua kartu kuning akan mendapatkan kartu merah dan keluar dari pertandingan.
Pemain yang mendapatkan kartu merah harus keluar dari pertandingan tanpa bisa digantikan dengan pemain lainnya.
Beberapa contoh tindakan yang dapat diganjar kartu merah adalah pelanggaran berat yang membahayakan atau menyebabkan cedera parah pada lawan, meludah, melakukan kekerasan, melanggar lawan yang sedang berusaha mencetak gol, menyentuh bola untuk mencegah gol, dan menggunakan bahasa atau gerak tubuh yang cenderung menantang.

Wasit dan Para Petugas Lainya

Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 penjaga garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan. Wasit memiliki peluit yang menandakan apakah saat berhenti atau memulai memainkan bola.
Dia juga bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan.
Tapi sekarang dalam sebuah pertandingan liga champion (champions league), sering terlihat 6 wasit atau 2 wasit tambahan yang bertugas d belakang gawang untuk melihat apakah jika bola sudah melewati garis atau belum.