Home » , , » 7 Langkah Agar Kinerja Laptop Lebih Cepat

7 Langkah Agar Kinerja Laptop Lebih Cepat

Tentunya anda semua ingin Laptop kesayangan anda memiliki kinerja yang lebih cepat di bandingkan kinerja saat ini bukan. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar Laptop anda memiliki kinerja yang lebih cepat dan tentunya anda pun sebagai penggunanya akan merasa lebih nyaman saat menggunakannya. Untuk itu saya akan sedikit membagi tips tentang membuat kinerja laptop anda lebih cepat di bandingkan saat ini.
Dan ini lah 7 langkah yang dapat di lakukan agar kinerja Laptop bisa lebih cepat dan maksimal :

1. Lakukan proses Defragment data pada Harddisk Laptop Anda secara teratur, misalnya sebulan sekali. Harddisk di dalam Laptop anda tentunya menyimpan semua file dalam banyak potongan, dan menyebar di dalam drive. Fungsi proses Defragmenting adalah mengambil semua file yang tersebar di seluruh drive, dan mengatur atau menyusun kembali file - file tersebut agar tidak berantakan. Satu hal yang harus anda ketahui juga masalah Bad Sector pada Harddisk 85% di karenakan data yang berantakan dan jarang melakukan proses Defragment pada sebuah komponen Harddisk tersebut.

2. Membersihkan Registry adalah suatu hal yang wajib untuk anda lakukan. Salah satu bagian yang paling penting pada Windows adalah Registry. Fatal error pada Laptop anda dapat terjadi karena kerusakan atau korupsi data dari bagian atau sektor Registry. Yang paling umum menyebabkan masalah Registry adalah instalasi perangkat lunak atau software. Untuk melakukan proses ini tidaklah sulit karena saat ini tersedia banyak program - program cleaning registry yang tersedia secara online dan gratis.
3. Kosongkan direktori Recycle Bin secara teratur. Karena data – data atau file – file yang terdapat di Recycle Bin pun berpengaruh terhadap kinerja Harddisk dan Laptop anda tentunya.

4. Lakukan lah Pemilihan dan Uninstall program yang tidak terpakai. Setiap program yang tidak di gunakan hanya akan menambah penuh ruang kapasitas pada hard drive anda. Perlu diketahui bahwa menghapus folder program ini tidak sama dengan menguninstall. Pastikan untuk menghapus program dengan benar menggunakan fungsi Uninstall dalam Menu Control Panel.

5. Menginstal antivirus juka salah satu hal yang wajib di lakukan oleh anda.selain untuk melindungi Laptop dari serangan virus – virus jahat, hal ini juga bisa membantu mempercepat atau mengoptimalkan kinerja dari laptop anda. kebanyakan setelah di install pada laptop program – program Antivirus ini melakukan aktivitasnya secara otomatis dan gunakan program Antivirus yang memang sudah terpercaya jangan pernah anda mencoba – coba untuk menggunakan Antivirus yang belum teruji kinerjanya karena tidak sedikit para pencipta virus menciptakan virus ganas dalam bentuk yang menyerupai antivirus.

6. Menghapus File Internet Temporary. Setiap kali anda membuka sebuah situs di web atau membuka file, salinan sementara dari web / file tersebut dibuat dan disimpan di hard drive Anda. Semakin banyak yang file – file salinan tersebut di dalam sistem anda maka semakin memperlambat kinerja dari laptop anda. jadi bersihkanlah File Internet Temporary tersebut secara berkala minimal satu minggu sekali.
7. Upgrade RAM adalah langkah terakhir dan langkah paling ampuh untuk mengoptimalkan atau mempercepat kinerja Laptop anda. Apalagi jika Anda memiliki banyak sekali program – program dengan resolusi besar, atau pekerjaan anda mengharuskan anda selalu melakukan proses kerja Multi tasking yang cukup memakan banyak kapasitas RAM pada sebuah Laptop. Meng upgrade RAM adalah langkah terakhir yang sangat efektif dan bijak.

sumber