Home » » Bagian-bagian dari konstruksi bangunan gedung

Bagian-bagian dari konstruksi bangunan gedung

Pada uraian sebelumnya adalah membicarakan jenis-jenis dari bangunan pada umumnya. menurut susunanya pembagian bangunan khususnya bangunan gedung dibagi menjadi :

1.Bangunan bawah, yaitu bagian-bagian yang terletak dibawah muka lantai, yang ada di dalam tanah
2.Bangunan atas, yaitu bagian-bagian yang ada diatasnya seperti tembok/dinding, pintu/jendela, kolom-kolom, balok cincin serta rangkap atap dan bagian-bagianya.

A. Yang termasuk bangunan bawah ialah suatu konstruksi yang dibuat untuk menahan seluruh berat bangunan diatasnya termasuk berat pondasi itu sendiri, oleh karena itu bangunan bawah harus kuat, tidak mudah bergerak kedudukanya dan tetap mantap (stabil)

Bangunan bawah yaitu pondasi mempunyai hubungan langsung dengan dasar tanah keras dibawahnya, di samping itu pondasi harus terletak pada tempat yang suhunya tidak berubah-ubah. ini dicapai dengan menempatkan dasar pondasi pada kedalaman dibawah muka tanah. maksud lain dari penempatan ini, karena didekat muka tanah mengandung humus (sat organik)

Oleh karena itu dasar pondasi harus terletak pada kedalaman 60-80cm dibawah muka tanah. untuk bangunan sederhana. dan untuk bangunan yang berat harus di hitung menurut ilmu pondasi.

B. Bangunan atas yaitu bagian-bagian yang terletak di atas bangunan bawah ini terdiri dari tembok, kolom-kolom, termasuk balok cincin, pintu dan jendela serta bagian lain yang ada diatas seperti rangka atap dan penutupnya. Seluruh beban bangunan atas diteruskan pada bangunan bawah yang terletak dibawahnya kepada tanah dasar dibawahnya. pondasi mempunyai peranan penting pada konstruksi bangunan, dan mempunyai bagian tersendiri dalam pemilihan pondasi yang akan dibuat.