Home » » 5 Tips menghilangkan komedo pada wajah dan hidung dengan aman

5 Tips menghilangkan komedo pada wajah dan hidung dengan aman

Tips menghilangkan komedo - Komedo pada wajah ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil pada pori-pori di wajah dan hidung. Keberadaan komedo biasanya tidak disadari karena tidak menyebabkan sakit seperti jerawat, melainkan justru merusak pemandangan wajah kita karena akan terlihat bintik-bintik kecil. Sebelumnya kita telah menulis tentang Cara memutihkan kulit , namun jika  telah memutihkan kulit tetapi di bagian wajah terdapat komedo ? maka wajah juga tetap tidak terlihat indah bukan?, kali ini kami akan memberikan beberapa tips menghilangkan komedo.

scrub komedo Ilustrasi : juraganinfo.com

Tips menghilangkan komedo

1. Jangan memencet komedo

Memencet komedo di wajah dan di hidung merupakan jalan tercepat menghilangkan komedo, tetapi cara tersebut sangat berbahaya di kemudian hari. Sebab bila komedo dipencet dengan paksa menggunakan tangan dapat mengakibatkan infeksi pada kulit dan membuat kulit menjadi berlubang-lubang.

 

2. Gunakan Pasta gigi

Pasta gigi biasanya digunakan untuk menggosok gigi sehabis makan, tetapi ternyata pasta gigi juga dapat digunakan untuk membantu mengangkat komedo dari wajah dan hidung anda. Caranya oleskan sedikit pasta gigi ke bagian wajah maupun hidung yang terdapat komedonya. Setelah itu tunggu sampai kering dan bersihkan menggunakan kain yang dibasahi air hangat. Ketika menggunakan pasta gigi anda akan merasakan sedikit panas. tetapi coba dinginkan menggunakan kipas angin sampai pasta gigi tersebut mengering.

 

3. Gunakan Es batu

Es batu atau air dingin bila digunakan untuk membersihkan wajah dapat mengecilkan pori-pori wajah. Jika pori-pori mengecil, maka komedo atau bakteri  jerawat akan sulit masuk ke dalam pori-pori wajah. Anda dapat mengoleskan es batu sekitar 10 menit ke area yang terdapat banyak komedonya, atau bila tidak ada es batu maka rajin-rajinlah mencuci wajah menggunakan air dingin.

 

4. Putih telur

Putih telur dapat membantu menghilangkan komedo sekaligus mencegah komedo balik lagi. Caranya cukup mudah, ambil putih telur dan campurkan dengan madu, setelah itu oleskan ke bagian wajah dan hidung yang terdapat komedo. Diamkan selama 30 menit sampai kering lalu bersihkan menggunakan air hangat.

 

5. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya mudah ditemukan sebagai tanaman perumahan. Cara menghilangkan komedo menggunakan lidah buaya cukup mudah. Tempelkan bagian gel lidah buaya ke wajah yang terdapat komedo, diamkan selama 10-15 menit. setelah itu bilas bersihkan menggunakan air hangat. Selain dapat menghilangkan komedo, lidah buaya juga dapat menghaluskan dan menyegarkan kulit.

Itulah 5 tips menghilangkan komedo yang mudah dilakukan di rumah , tanpa harus mengeluarkan uang banyak untuk ke tempat perawatan kulit. Selamat mencoba semoga berhasil. baca juga cara mengobati sariawan